"SEO" yang kerap disebut dengan ( Search Engine Optimasi ) adalah sebuah upaya yang di kerjakan oleh webmaster pada sebuah Blog/website dengan tujuan untuk meningkatkan sebuah halaman website agar menjadi lebih baik. terutama Google. Sehingga orang lain dapat dengan mudah nya menemukan Anda di mesin pencari.
Jadi akan jauh lebih baik untuk Anda meletakkan kedua konsep ini bersama-sama, konten SEO adalah konten yang dibuat dengan tujuan mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari dan teknik menulis yang baik untuk membuat pembaca senang dengan dari apa yang mereka dapat. Baca : Pemahaman SEO menurut Algoritma Google
Cara Menulis Artikel SEO Friendly
Saya tidak menjanjikan bahwa dengan ini Anda bisa menjadi penulis yang akrab dan pakar seo, namun melainkan dari menjadi lebih sedikit mengerti bahwa menulis artikel itu ada cara dan susunan nya masing-masing. Di bawah ini akan saya jelaskan dari bagaimana cara menulis artikel SEO Friendly yang mungkin bisa Anda coba untuk menerapkan di setiap Anda membuat artikel. Silahkan simak cara berikut :
Riset Kata Kunci
Jika Anda ingin menghasilkan pengunjung melalui mesin penelusuran Google, sebaiknya Anda lakukan terlebih dahulu penelitian kata kunci sebelum menulis artikel. Dengan cara ini, Anda dapat berfokus pada kata kunci dan menentukan pesaing yang memiliki jumlah volume banyak dan tidak nya dalam topik tersebut. Dengan kata lain, menulis topik yang jarang di bahas atau pun yang banyak dibahas.
Lalu Bagaimana Anda mengetahui kata kunci apa yang menjadi peringkat pesaing Anda ? Lakukan pencarian manual di Google dengan menggunakan kata kunci yang ingin Anda optimalkan. Periksa hasilnya dan terutama posisi pesaing Anda yang berbeda karena Anda memiliki beragam metrik yang dapat membuat Anda menyadari kata kunci A atau B. Misalnya, jika ada pesaing yang memiliki otoritas rendah, dan dengan metrik yang buruk, Anda dapat dengan mudah nya mengambil kesimpulan bahwa Anda dapat menentukan peringkat dengan beberapa kualitas tinggi. Konten yang luas dan menarik. Agar hal itu terjadi, Anda harus menggunakan praktik SEO-friendly akurat.
Organisasi Konten
Konten di situs Anda harus diatur secara logis. Ini tidak hanya bagus untuk SEO, akan tetapi ini juga membantu pengunjung di situs Anda menemukan konten terkait lainnya dengan mudah. (Semakin lama mereka tetap berada di situs Anda, maka akan semakin baik.)
Promosi Konten
Meningkatkan visibilitas konten baru yang Anda buat dengan membagikannya di jejaring sosial dan membuat tautan ke konten Anda (baik internal maupun eksternal). mengidentifikasi topik spesifik yang akan ditargetkan dalam konten SEO Anda.
tingkat konversi yang rendah
Perlu Anda ketahui bahwa jika ingin menghasilkan trafik organik dari mesin pencari tidak lain dari menyenangkan kedua mesin pencari (yang akan memberi penghargaan kepada Anda dengan peringkat tinggi dari waktu ke waktu) dan para pembaca tertarik untuk berkunjung kembali, Anda perlu menawarkan nilai di atas dan di luar pengoptimalan mesin pencari. Dengan kata lain, jangan membuat konten "minim pejelasan" yang memberi peringkat dan mendapatkan klik, namun tidak memberikan nilai tambah bagi pengguna mesin pencari.
Judul Posting dan Judul Meta
Pertama, Anda perlu memahami perbedaan antara judul posting dan judul meta.
Judul posting: Bagaimana pembaca Anda melihat judul posting di situs Anda.
Pos judul meta: Bagaimana mesin telusur menampilkan pos Anda di hasil penelusuran.
Jika Anda belum menentukan judul meta, judul posting Anda akan dianggap sebagai judul meta, dan ini sangat penting untuk memasukkan kata kunci dalam judul meta.
Post Meta Description
SEO yang paling populer memungkinkan Anda menambahkan deskripsi meta ke sebuah pos. Deskripsi ini mempunyai peran utama dalam peringkat mesin pencari. Dalam 156 karakter, Anda perlu menambahkan kata kunci Anda dan membuat deskripsi yang cukup menarik bagi pengguna untuk mengkliknya.
H1, H2, H3 Post-heading-tags
Menggunakan tag heading H1, H2, dan H3 yang tepat secara default dalam tema yang dioptimalkan untuk SEO, judul posting menggunakan tag judul H1. Jadi untuk sub judul berikutnya, Anda bisa menggunakan judul H2, lalu judul H3, dan seterusnya. Gunakan lah tag judul yang tepat untuk penulisan SEO yang efektif, terutama saat Anda menulis artikel yang panjang.
Original Konten
Konten adalah raja, ini harus Anda perhatikan dengan baik bahwa jangan mencoba untuk meniru orang lain, meskpun memiliki pembahasan yang sama, namun usahakan apa yang Anda jelaskan lain dari yang lain. "tidak mengambil dari blog tetangga". Dalam menulis artikel apa pun itu jenis topik nya, usahakan pembahasan yang Anda bawakan mampu membuat pembaca senang dan dapat menyelesaikan apa yang mereka butuhkan.
Perhatikan panjang pendek nya Artikel
Pastikan lah bahwa artikel Anda memiliki minimal 1000 kata. Google sangat menyukai artikel yang panjang, namun bukan berarti yang pendek itu juga tidak baik, namun melainkan artikel yang memiliki banyak kata akan di anggap sebagai ( Golden teks ) banyak informasi penting di dalam nya. Perlu Anda ketahui, menulis artikel itu harus seberapa besar Anda menguasai topik tersebut, bukan karena keterpaksaan semata demi untuk mencari peringkat, namun melainkan fokus terhadap pengguna.
Menggunakan judul SEO-Friendly untuk posting blog Anda
Usahakan lah artikel Anda memiliki judul SEO-Friendly , mengapa judul di kategorikan menjadi yang pertama ? Karena teks yang pertama kali akan di baca oleh search engine dan pengunjung adalah dari judul artikel tersebut. Jadi judul artikel merupakan hal nomor 1 yang perlu Anda perhatikan, dan Judul tersebut juga harus mewakili artikel dan tentunya unik.
Jangan menggunakan judul yang sudah di pakai oleh orang lain. Misalnya Anda membuat artikel tentang SEO dan Anda hanya memberi judul artikel Anda “SEO”, sedangkan judul tersebut sudah banyak sekali digunakan oleh website yang lebih besar dari pada blog Anda.
Di bawah ini ada beberapa jenis judul yang saya jadikan sebagai contoh :
Optimasi SEO On Page
Cara Membuat Blog dalam Waktu 5 Menit
Menulis artikel sebanyak 20 dalam 1 jam
Judul pertama "Optimasi On page". ini termasuk judul yang sudah banyak sekali digunakan oleh orang lain. Jika memang isi artikel yang Anda bawakan lebih berkualitas dan menarik, ini tidak menjadi masalah, karena Anda bisa menjadi nomor 1. Akan tetapi tetapi jika tidak, artikel Anda akan tetap di bawa bahkan tidak muncul sama sekali.
Judul kedua adalah judul yang sangat tepat. Sekarang siapa yang tidak ingin semua nya menjadi lebih mudah cepat dan tidak banyak ini itu.
Judul ketiga adalah judul yang paling "buruk". Judul yang penuh dengan tidak di sukai oleh pengguna. Judul tersebut hanya untuk mesin pencari dan lama kelamaan akan di tinggalkan oleh mesin pencari. Perlu Anda ketahui bahwa mesin pencari akan lebih mementingkan pembaca dari pada hanya sebuah pengaturan SEO yang berlebihan.
Mendefinisikan URL SEO-Friendly
Hindari URL yang memiliki nilai tidak baik, contoh: https://www.sebagaicontoh.com/12343234=123
Hindari juga URL yang terlalu Panjang, contoh: https://www.kepanjangan.com/cara-ini-mampu-membuat-anda-bisa-terbang-dan-bisa-menari-nari-sendiri
Dan ini contoh URL yang baik, contoh : Cara menulis artikel seo friendly:
https://www.laginyoba.com/artikel-seo-friendly
Selain lebih mudah dibaca dan dipahami, ada baiknya memilih URL yang bagus karena mesin telusur akan memasukkan kata kunci yang disisipkan.
Gunakan Google Search Console
Google Search Console adalah salah satu alat sangat penting. Selain menawarkan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan struktur situs web Anda, ini juga merupakan alat yang cukup akurat dan mencakup ke beberapa kategori tentang seo diantaranya :
Cari tahu kata kunci mana yang mengarahkan lalu lintas ke situs / blog Anda
Dapatkan pemberitahuan kesalahan perayapan seperti laman rusak, sehingga Anda dapat menangani masalah tersebut
Periksa profil link situs web Anda
Memeriksa kegunaan seluler Anda
Alat ini memungkinkan Anda mengirim daftar semua tautan balik yang tidak Anda inginkan. Google akan mempertimbangkan saat menganalisis situs web / blog Anda
Membuat data terstruktur untuk halaman Anda
Mengirimkan dan memeriksa peta situs
Gunakan media dan optimalkan gambar (Tag ALT)
Jangan lupa juga untuk menyisipkan gambar di posting Anda sehingga membuat pengguna membaca kata-kata Anda. Gambar yang ditempatkan secara strategis dan dengan tangkas dipilih juga dapat memperkuat pesan yang Anda sampaikan. Selain itu, Anda harus selalu memberikan atribut alt yang tepat pada gambar. Memang benar, tag alt dan tag judul akan meningkatkan aksesibilitas umum situs Anda.
Kesimpulan
Mengutamakan tulisan menjadi SEO-friendly ini sangat penting bagi kita semua dalam bagaimana memberi sebuah tulisan yang tidak hanya bagus untuk SEO saja, namun melainkan enak dan bisa di cerna bagi pembaca. Mengapa demikian?
Jika Anda memperhitungkan teknik optimal ini, saya yakin konten, halaman, dan situs web Anda akan semakin populer di mesin pencari. Tujuan dari panduan ini adalah untuk memastikan semua orang mendapatkan apa yang diperlukan untuk menggunakan SEO secara maksimal! namun bukan berarti saya pakar seo, saya hanya berbagi dar apa yang saya pelajari. Bila ada yang kurang dan ada salah kata dalam penulisan, mohon di maklumi dan di maafkan. Semoga ini bisa bermanfaat untuk kita semua.